stack

Font Aksara Bali Baru

          Dalam rangka ikut melaksanakan dan mensukseskan peraturan Gubernur No 79 Tahun 2018 tentang Penggunaan Busana Adat Bali dan Peraturan Gubernur Nomor 80 Tahun 2018 Tentang Perlindaungan dan Penggunaaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali, berikut ini saya akan perkenalkan Font aksara Bali buatan saya sendiri. Font aksara Bali ini sudah saya buat jauh sebelum peraturan diatas terbit. Dengan diterapkannya peraturan di atas pasti nantinya akan dilakukan penerapan penggunaannya di lapangan seperti Penulisan Papan Nama Dengan Aksara Bali
          Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada Bapak Made suatjana yang merupakan kreator font aksara Bali pertama kali dikomputer, adapun tujuan saya pribadi membuat font aksara Bali Baru ini hayalah untuk memberikan varian Baru bentuk font aksara Bali sehingga bagi masyarakat yang ingin menggunakan aksara Bali memiliki banyak pilihan font aksara bali seperti penggunaan font -  font aksara lainnya.
          Pada dasarnya font aksara Bali tidak dapat dibuat variannya sebebas font Latin karena dari segi bentuknya memang tidak bisa diubah terlalu jauh. sangat berbeda dengan font latin masih bisa dibuat dalam bentuk font tegak bersambung atau bentuk lain.
          Pada Font Aksara Bali buatan saya ini saya mencoba membuat font yang sedikit berbeda dengan font yang telah ada dengan tidak mengurangi paken pembuatan aksara Bali yang benar sehingga jika dipergunakan akan masih bisa terbaca dengan Baik.
          Dalam beberapa Bulan yang lalu saya sudah dapat membuat kurang lebih 4 font aksara Bali degan berbagai bentuk namu kali ini saya hanya menyajikan 2 font saja dengan perbedaan yang khas di masing masing Bentuk Hurufnya
Berikut Contoh Penggunaannya :
Font Bali Jelih Std :
<  Á( ju n  wi Wÿ h.
                                                <  k cÉi t   s*¾ hê*¾÷ nÑË ,  k g) bu eg¾Ào lø ;¾ Ed tê  ni  Wÿ t k w c,  Z)ÿ n%¾ Rÿ tu  r&¾ m  xø m nÓ k,  r&¾ ebo e\Ðo l¾á¡ nu*¾ m h em ru en.  ni Wÿ t k w c  ePÿ lø ;¾ Wÿ r nu gÉ h  s k&¾ s*¾ hê*¾ ru dÉ,  t nÑ eDÿ s¾æ  Œ) emÀo lø ;¾ Ed tê,   Dÿ n w,  Rÿ k× s,  mi w ;¾ ed w.  s en  Zøÿ d y*¾ p c*¾ m Œ) m*¾ w nÓ ;¾ Mÿ nu ³ ´ kÓø.  s*¾ hê*¾÷ nÑË  ru m s  em w) ;¾ pi s n/.

 Font Bali Jenar Std :
<  Á( ju n  wi Wÿ h.
                                                <  k cÉi t   s*¾ hê*¾÷ nÑË ,  k g) bu eg¾Ào lø ;¾ Ed tê  ni  Wÿ t k w c,  Z)ÿ n%¾ Rÿ tu  r&¾ m  xø m nÓ k,  r&¾ ebo e\Ðo l¾á¡ nu*¾ m h em ru en.  ni Wÿ t k w c  ePÿ lø ;¾ Wÿ r nu gÉ h  s k&¾ s*¾ hê*¾ ru dÉ,  t nÑ eDÿ s¾æ  Œ) emÀo lø ;¾ Ed tê,   Dÿ n w,  Rÿ k× s,  mi w ;¾ ed w.  s en  Zøÿ d y*¾ p c*¾ m Œ) m*¾ w nÓ ;¾ Mÿ nu ³ ´ kÓø.  s*¾ hê*¾÷ nÑË  ru m s  em w) ;¾ pi s n/.

Dari kedua Font diatas dapat saya jelaskan Bentuknya masing masing :
Font Bali Jelih std memiliki bentuk yang agak kotak - kotak dengan kesan mirip aksara jawa namun itu hanya sedikit kesannya sedangkan;
Font Bali Jenar std memiliki bentuk hampir semua hurufnya bulat-bulat hal ini saya ambil dari pesan orang tua dulu agar jika membuat aksara Bali agar bentuknya "Ngetumbah" artinya bentuknya bulat seperti Ketumbah (Ketumbar)
Demikian Penjelasan yang bisa saya berikan bagi yang berminat silahkan download pada link dibawah ini:
Perhatian :
          Sebelum menginstall Font Mohon Baca Penjelasannya yang inklude di file tersebut selamat mencoba dan jika mengalami kesulitan silahkan Hubungi saya di No.HP/Wa 08113809975 atau lewat kontak blog ini dengan mengklik KONTAK SAYA
I Wayan Sukanta

Author :

Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Font Aksara Bali Baru. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook, dan 1 Follow pada Twitter. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.
Share Artikel

Read Users' Comments (4)

4 Response to "Font Aksara Bali Baru"

  1. Devadharsan Acalendra says:
    November 27, 2019 at 4:58 AM

    kok dha sama tha ga bisa dituliskan ya?

  2. Belajar BahasaBali says:
    February 17, 2020 at 11:49 PM

    Ijin download nggih pak, tiang juga sudah buat video tentang Font Bali Jenar dan Jelih di youtube tiang, yening pak berkenan durus cek ring channel: IPutu Dirga

  3. tut balance says:
    June 6, 2020 at 9:22 PM

    Keren

  4. Unknown says:
    August 3, 2020 at 6:04 AM

    osa, tolong cara / langkah2 instal font Bali Jenar nya Bli.
    suksma

Post a Comment